Semua orang umumnya mempunyai semangat yang tinggi di pagi hari
sebelum memulai kerja. Kita punya pekerjaan penting yang harus
diselesaikan, orang-orang penting yang harus kita temui, dan proyek
jangka panjang yang hendak kita mulai kerjakan. Namun menjelang akhir
jam kerja, kita baru sadar bahwa ternyata masih banyak pekerjaan yang
belum selesai. Akhirnya kita terpaksa pulang malam untuk lembur, datang
lebih pagi keesokan harinya, atau bahkan masuk kantor pada hari libur.
Hal itu memang membuat kita tampak sibuk, namun nyatanya kerja kita
sendiri tidak produktif. Banyak waktu yang habis terbuang percuma,
sedangkan kalau dihitung-hitung mungkin jam di mana anda bekerja
sungguh-sungguh tidak sampai setengahnya.
Berikut adalah lima langkah yang dapat membantu anda untuk lebih produktif dalam bekerja :
1. Luangkan waktu kosong untuk diri sendiri
Sediakan
waktu untuk diri anda sendiri (tanpa ada gangguan dari orang
lain/keadaan tertentu sekitar 30-90 menit. Tujuannya adalah supaya anda
bisa berkonsentrasi dan menentukan prioritas pekerjaan mana yang ingin
anda selesaikan hari itu. Kalau perlu tutup pintu ruangan anda,
matikan suara handphone atau pager, dan mulailah merenungi apa dan
bagaimana anda ingin menyelesaikan pekerjaan anda hari itu.
2. Maksimalkan waktu puncak/peak anda
Ada
waktu-waktu tertentu dalam setiap hari di mana energi dan semangat kita
ada di titik puncak, sehingga kemampuan untuk berpikir dan konsentrasi
terhadap pekerjaan juga sedang tinggi. Cari tahu kapan waktu
puncak/peak anda setiap hari, dan gunakan waktu tersebut untuk
mengerjakan pekerjaan-pekerjaan terpenting. Pisahkan jadwal meeting,
janji, atau aktivitas lain ke jam lain.
3. Hindari pertemuan-pertemuan yang tidak perlu
Berhenti
bekerja (meski hanya sesaat) untuk berbincang-bincang ngalor-ngidul
dengan teman-teman anda hanya akan merusak konsentrasi kerja,
membuang-buang waktu, dan merusak produktivitas kerja anda. Hal ini
akan merusak momentum kerja anda, jadi lain kali seseorang masuk ke
ruangan anda dan mulai terlihat gelagat akan memancing pembicaraan yang
akan berlangsung lama, hindari dengan mengatakan bahwa anda sedang
menyelesaikan sebuah proyek penting dan tidak bisa menemaninya. Supaya
ia tidak tersinggung, atur waktu setelah jam kerja selesai untuk
menemuinya.
4. Batasi penggunaan telepon
Begitu
telepon berdering, maka saat itu pula konsentrasi anda dalam bekerja
akan terganggu. Saat sedang konsentrasi dalam pekerjaan, biarkan voice
mail atau mesin penjawab telepon yang menjawab panggilan tersebut.
Seandainya karena satu atau lain hal anda telah mengangkat telepon,
katakan pada si penelepon bahwa saat itu anda sedang sibuk dan tidak
dapat berbicara lebih lama. Mintalah supaya ia menelepon lagi setelah
anda selesai bekerja atau anda yang akan menghubunginya nanti.
5. Atur jadwal untuk berunding/bertemu dengan staf atau teman kerja anda
Di
kebanyakan kantor, waktu sering terbuang percuma karena kita sering
kali harus bangkit dari kursi yang kita duduki hanya untuk menanyakan
sesuatu hal pada rekan kerja kita. Padahal selain membuang-buang waktu,
hal ini juga akan mengganggu ritme kerja orang lain.
Sumber: www.cybertravel.cbn.net.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar