Senin, 04 November 2013

Pahami 7 Peluang Inovasi



1. Yang Tidak Terduga+ Sukses di luar dugaan Contoh: Produksi air mineral yang dikemas dalam berbagai ukuran (Aqua). Pada awalnya orang berfikir bahwa air minum adalah komoditi yang mudah didapat dan tidak bisa diperdagangkan. Namun seiring dengan kebutuhan untuk memperoleh aur layak minum tanpa harus dimasak dulu produk air mineral sekarang mulai bermunculan
+ Kegagalan yang tidak terduga Kue brownis bisa dianggap bahwa itu merupakan kegagalan yang tidak terduga. Karena pada awalnya kue tersebut gagal karena tidak mengembang (bantat) sehingga dianggap gagal. Tetapi ternyata kue tersebut digemari dan banyak yang meniru sehingga berkembang dengan berbagai rasa.

+ Kejadian luar yang tidak diduga Jalan menuju Jakarta lewat Puncak macet pada hari Sabtu dan Minggu karena banyaknya para wisatawan yang akan berlibur di kawasan tersebut. Hal ini berdampak pada jalan alternative lainnya seperti lewat Purwakarta. Pada kawasan tersebut bermunculan rumah makan dan tempat beristirahat.

2. Ketidakselarasan
Adalah suatu penyimbangan, suatu ketidaksesuaian antara yang ada dengan yang seharusnya , atau antara yang ada dengan yang diasumsikan setiap orang.
Contoh: Rumah sakit adalah tempat untuk orang sakit. Tetapi disamping itu juga menyediakan tempat bagi keluarga yang sakitnya. Atau beberapa rumah yang menyediakan tempat untuk disewakan.


3. Inovasi yang didasarkan pada kebutuhan proses
Pada proses pemotongan bahan makanan (wortel, kentang, bawang) sering ditemui kesulitan, sehingga muncul pisau yang bisa memudahkan kegiatan tersebut.

4. Perubahan dalam struktur industri atau struktur pasar yang tidak disadariPerusahaan sekarang lebih suka menggunakan tenaga luar untuk melakukan kegiatan kebersihan daripada merekrut karyawan untuk melakukan kegiatan tersebut. Hal ini berdampak pada munculnya perusahaan yang menyediakan tenaga pembersih ataupun tenaga lain yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

5. Perubahan Demografi

Dengan bertambahnya jumlah penduduk maka kebutuhan akan pendidikan, perlengkapapannya seperti sepatu, pakaian dan lain-lain akan bertambah. Hal ini memberikan peluang bagi pengusaha untuk membuka sekolah ataupun pabrik untuk membuat perlengkapannya.

6. Perubahan persepsi, mood, maknaSaat ini orang menganggap bahwa kebutuhan terhadap olahraga saat diperlukan didalam kesehatan ataupun kebugaran tubuh. Hal ini berdampak pada munculnya usaha pembuatan perlengkapan olahraga ataupun lokasi-lokasi kebugaran.

7. Pengetahuan baru, saintific, maupun non saintifik
Penggunaan sinar matahari sebagai sumber energi menjadikan salah satu peluang bagi beberapa perusahaan untuk membuat produk yang bisa menghemat sumber daya alam lainnya seperti produk pemanas air dan  kendaraan.

Tidak ada komentar:

Program merubah bilangan menjadi "terbilang" menggunakan ASP.NET & C#

          Selamat pagi, siang, sore.. Kali ini saya akan ngepost programe sederhana untuk mengkonvert bilangan yang kita input menjadi k...